Manajemen
adalah ilmu atau seni yang mengajarkan kepdaa para manajer dalam melakukan
kegiaan pekerjaannya dengan memanfaatkan sumber daya manusia. Dengan proses
perencanaan,pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian agar mencapai tujuan.
Maka dari itu ilmu manajemen sangatlah penting, karena bertujuan untuk mencapai
tujuan suatu perusahaan. Ilmu manajemen pun digunakan dalam perusahaan maupun
lembaga sosial dan pemerintahan.
Fungsi manajemen terbagi menjadi 4 bagian, diantaranya :
1. Perencanaan
2. Pengorganisasian
3. Pengarahan
4. Pengendalian
Keempat
bagian tersebut harus tidak dapat dipisahkan, karena satu sama lain saling
berkaitan. Apabila kita telah melakukan fungsi manajemen tersebut dengan baik
maka kita akan mencapai tujuan bersama.
A. Perencanaan
Suatu proses
awal yang digunakan untuk menentukkan bagaimana perusahaan itu kedepannya agar
mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan cara menggunakan sumber daya
manusia,alam dan lainnya. Kita dapat
lihat kata dasar dari perencanaan yaitu “ rencana
“ itu merupakan suatu hal yang belum dilakukan namun itu suatu sistem untuk
melakukan hal tersebut.
Suatu
perencanaan juga dapat diartikan sebagai salah satu proses bagaimana
mengefektitkan dan mengefisiensikan segala sesuatunya dengan baik dan benar.
Dalam proses ini dibutuhkan sumber daya manusia yang benar-benar berpengalaman
dan berpikir luas untuk kedepannya.
Contoh :
Dalam dunia maupun kegiatan perkuliahan contoh dari
kegiatan perencanaan yaitu
Visi
dan misi universitas gunadarma.
Karena visi dan misi merupakan
sebuah perencanaan awal kampus yang terdiri dari beberapa harapan atau
keinginan dalam membangun dan mencapai tujuan universitas tersebut. Jika salah
satu visi atau misi tersebut tercapai maka universitas tersebut telah berhasil
dalam mencapai tujuannya dan mungkin misi tersebut akan berubah menjadi misi
lain yang ingi dicapai dan direncanakan kembali.
Jika pada mahasiswanya
yang ingin sukses dan berhasil dalam kegiatan kuliah maka perencanaan awalnya
adalah belajar dengan sungguh-sungguh,
kehadiran 100%, mengikuti berbagai organisasi jurusan dan mengikuti setiap
kegiatan seminar.
B.
Pengorganisasian
Jika perencanaan sudah dibuat maka langkah
berikutnya yaitu membuat suatu pengorganisasian dalam usaha tersebut. Karena
jika salah satu tidak terlaksana maka tujuan tersebut tidak akan tercapai.
Perencanaan dan pengorganisasian sangat berkaitan. Disini arti dari pengorganisasan adalah sebuah
perkumpulan yang dilakukan oleh sekumpulan atau sekelompok orang dalam
melakukan hubungn timbal balik saling memberi dan menerima dan saling bekerja
sama untuk menciptakan dan mencapai suatu maksud dan tujuan bersama.
Suatu pengorganisasian sangatlah penting dalam
perusahaan, karena dengan adanya pengorganiasian kita dapat membagi setiap
pekerja dengan bagian-bagian yang sesuai dengan bidangnya. Pengorganisasian pun
dapat membuat kegiatan perusahaan menjadi lebih teratur.
Contoh :
Fungsi pengorganisasian didunia perkuliahan yaitu
seperti di lingkungan kelas dan universitas. Jika dikelas seperti
adanya organisasi pengurus kelas, diantaranya ketua kelas, sekertaris, bendahara, seksi-seksi dan wakil ketua kelas.
Itu semua dibagi sesuai bidangnya masing-masing agar membuat suasana kelas
menjadi lebih teratur dan baik. Sedangkan untuk dilingkungan perkuliahan adalah
adanya himpunan perkumpulan mahasiswa
seperti MAPALA ( Mahasiswa Pencinta Alam ), HIMA ( Himpunan Mahasiswa Minang )
dan FKK Universitas Gunadarma.
C.
Pengarahan
Suatu proses
yang dilakukan untuk menentukkan tentang apa yang harus mereka lakukan atau
kerjakan dan apa yang tidak boleh mereka lakukan. Pengarahan membahas mengenai
arahan agar yang kita lakukan tidak keluar jalur atau melenceng dari aturan.
Pengarahan dibuat dengan bentuk pedoman, tata tertib, peraturan dan buku
panduan. Dengan adanya pengarahan setiap pekerjaan yanng kita lakukan pasti
akan lebih efektif dan efisien, karena tidak melenceng ke luar aturan dan
selalu konsisten.
Contoh :
Fungsi pengarahan dalam dunia perkuliahan yaitu , tata tertib universitas, buku pedoman dalam
kegiatan kuliah dan tata tertib dari dosen tersebut yang diberikan kepada
mahasiswa agar mahasiswa itu tidak melakukan hal yang melenceng dari auran
tersebut. Aturan tersebut harus ditaati.
D.
Pengendalian
Suatu proses
evaluasi pekerjaan dengan cara controling pada bawahan agar lebih efektif dan
efisien dalam melakukn pekerjaannya.
Pengendalian membantu kita agar dapat memperbaiki diri kita dalam mengerjakan
tugas. Pengendalian pun dapat mengevaluasi apakah tujua dapat dicapai, dan
apabila tidak dapat dicapai makan kita harus mencari fakor penyebabnya.
Pengendalian juga dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk mencapai tujuan dan
standarisasi dengan cara memberikan pengarahan dan pengontrolan untuk menjamin
bahwa semua sumber daya perusahaan dapat dilakukan dengan efisien dan efektif.
Contoh :
Fungsi
pengendalian didunia perkuliahan adalah seperti pemotivasian kepada para
mahasiswa, seminar tentang motivasi agar membangun semangat belajar mahasiswa,
kegiatan acara mentoring antar mahasiswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar