BERBAGAI MACAM LINGKUNGAN PERUSAHAAN DAN PENGARUH TERHADAP LINGKUNGAN
Dalam
berbisnis kita harus memperhatikan aspek-aspek apa saja yang ada didalam suatu
perusahaan. Seperti aspek berbagai macam lingkungan perusahaan dan apa saja
pengaruh terhadap lingkungan dengan adanya usaha kita. Apakah usaha yanng kita
jalani mendapatkan respon positif atau negatif. Jika perusahaan kita
mendapatkan respon yang positif tentu saja kita merasa senang, namun jika
sebaliknya kita harus lebih memperhatikan keadaan dilingkungan sekitar.
Kegiatan dan keadaan perusahaan sangatlah berpengaruh terhadap lingkungan
perusahaan.
Adapun 2macam lingkungan perusahaan yang harus kita
perhatikan ;
- LINGKUNGAN EKSTERNAL
Lingkungan
eksternal adalah perusahaan yang hanya mencakup kegiatan diluar perusahaan dan berpengaruh secara tidak
langsung dalam kegiatan pabrik/usaha.
Lingkungan eksternal hanya meliputi aktifitas diluar saja dan tidak
mempengaruhi hasil produksi. Dengan adanya sebuah trend dan keinginan para
konsumen dapat mempengaruhi lingkungan eksternal perusahaan. Karena secara tidk
langsung kita harus menuruti setiap keinginan para konsumen/umum dalam
kebutuhannya.
Lingkungan
eksternal juga dibagi menjadi 2 bagian, yaitu :
A. Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan
yang secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap kegiatan usaha.
Contoh :
* Keadaan alam
* Sumber daya alam
* Ekonomi
* Sosial & budaya
* Jumlah penduduk
B. Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan
yang berpengaruh secara langsung dengan kegiatan usaha.
Contoh :
* Pembeli/costomer
* Pasar untuk tempat usaha dan menjual produksi
perusahaan
* Alat tekhnologi untuk berjalannya proses
produksi, mesin dan alat produksi
* Distributor
- LINGKUNGAN INTERNAL
Adalah lingkungan yang secara langsung mempengaruhi
faktor kegiata usaha dan juga mempengaruhi hasil produksi.
Contoh
:
1.
Para tenaga kerja
2.
Alat produksi : mesin dan peralatan
3.
Bahan baku/mentah
4.
Modal usaha
5.
Tekhnologi
FAKTOR LINGKUNGAN
Adapun faktor lingkungan terhadap perusahaan , yaitu :
·
1.Faktor perekonomian mencakup antara penjual dan
pembeli dalam melakukan kegiatan jual-beli suatu barang dan penawaran jasa.
2.Faktor sumber daya alam ( SDA ) dan tanah
penting untuk kegiatan usaha/bisni3.
3.Faktor sosial adanya interaksi atau hubungan
timbal balik antara penjual dan pembeli. Hal ini dapat menentukan bagaimana
sikap dan tingkah laku diantara si penjual dan pembeli.
4.Faktor sikap konsumen, hal ini harus kita
perhatikan apa keinginan dan yang dibutuhkan para konsumen dalam sehari-sehari
dengan cara melihat sikap konsumen.
·
5.Faktor tenaga kerja sangat penting. Karena,
keberhasilan perusahaan tergantung tingkat kreativitas, keterampilan, keadaan
para pekerja dan tingkah laku para tenaga kerja.
sumber : http://p4hrul.wordpress.com
www.gunadarma.ac.id
sumber : http://p4hrul.wordpress.com
www.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar